RoadMap





ROADMAP

Assalamualaikum Wr.Wb 
 Kali ini saya akan menshare apa itu RoadMap. 
 

1. PENGERTIAN

Road Map merupakan cara atau paduan yang digunakan sebagai pentunjuk arah atau jalan
Road Map juga merupakan rencana rinci yang memuat tahapan sistematis mengenai pelaksanaan satu program kegiatan dalam kurun waktu tertentu.


2. TUJUAN ROAD MAP
  1.  Menjadi instrumen yang akan memandu perubahan lingkungan kegiatan sesuai dengan karakteristik yang dimilikinya
  2. Menjadi Instrumenn yang dapat mempersatukan seluruh kegiatan dalam lingkungan yang membatasinya
  3. Menjadi instrumen yang dapat memberikan petunjuk tentang  darimana dan akan kemana perubahan dilakukan dalanm rangka mensukseskan program
  4. Merupakan dokumen yang menjadi acuan dalam melakukan perubahhan setiap individu dibidangnya..


3. PRINSIP DASAR ROADMAP
  1. JELAS - Road Map harus mudah dipahami dan dilaksanakan 
  2. RINGKAS - Road Map disajikan secara ringkas dan padat sesuai format yang ditentukan  
  3. TERUKUR - Program , kegiatan, target, waktu, output ,outomes harus dapat diukur
  4. ADJUSTABLE - ROad Map dapat mengakomodasi umpan balik dan perbaikan yang diperlukan
  5. TERINCI - Road Map merupakan rincian dari pelaksanaan kegiatan dan hasil kegiatan tersebut
  6. KOMITMEN - Road Map merupakan rkesepakatan bersama yang memberikan gambaran 
  7. DOKUMEN RESMI - road map harus menjadi dokumen resmi yang dapat ditetapkan dalam lingkungan kerja yang bersangkutan

4.  SISTEMATIKA ROAD MAP

A. Ringkasan Eksekutif
B. Pendahuluan
C. Kondisialisasi rencana aksi program dan kegiatan :

 1. Pencapaian
  •  Melakukan assessmet terhadap komdidsi organisasi saat ini 
  • Mengidentifikasi berbagai permasalahan yang memberikan pengaruh pada pencapaian kinerja organisasi
  • Mengidentifikasi berbagai pencapaian kinerja dan faktor yang menjadi kunci keberhasilan
 2. Rencana
  • Melakukan assessment terhadap kondisi kinerja saat ini 
  • Mengidentifikasi berbagai kelamahan yang perlu diperbaiki agar memiiki kemampuan untuk mewujudkan kinerja organisasi yang diharapkan
  • Merumuskan tujuan dansasaran ( tahunan )
  • Menyusun rencana program, kegiatan dan tahapan kerja
  • Merumuskan agenda prioritas
 3. Kriteria keberhasilan
  • Indikator adalah sebuah instrumen yang memberikan informasi atau sebuah variable ,yang bertujuan mengukur variable peribahan atau proses
  • Dari jenisnya indikator dapat dibedakan menjadi indikator keluaran ( output dari indikator hasil (outcome) ,sementara dari cara pengukuran dapat dibedakan kepada indikator kuantitas ( kuantitive indicator ) dan indikator kualitas ( kualiti indicator)
  • Suatu indikator dapat dikatakan baik memenuhi prasyarat, spesific, measurabe, achivable., measurable, achivable, relevant, and time bound (SMART)
 4. Agenda prioritas
  •  Dampak yanDampak yang ditimbulkan dari kegiatan dan aktivitas( tahapan aktifitas (tahapan kinerja ) yang dilakukan  terhadap setiap kinerja saat ini)g ditimbulkan dari kegiatan dan aktivitas( tahapan aktifitas (tahapan kinerja ) yang dilakukan  terhadap setiap kinerja saat ini)
  • Dampak yang ditimbulkan dari kegiatan & aktivitas ( tahapan kerja ) yang dilakukan tahapan kegiatan dan aktivitas ) tahapan krja) lainnya. 
  • Dampak yang ditimbulkan dari kegiatan & aktivitas ( tahapan kerja ) yang dilakukan tahapan kegiatan dan aktivitas ) tahapan krja) lainnya.
  • Sekuen dari kegiatan dan aktivitas ( tahapan kerja ) dalam kerja
  • Keterkaitan antar satu kegiatan dan kegiatan lain secara sistematis sesuai dengan karakteristik masing2 pekerjaan





Mungkin ini yang dapat saya share,Mohon Maaf bila ada salah dalam penulisan kata.

Wassalamualaikum Wr.Wb
Previous
Next Post »