Remote Access






Remote Access


1.Pendahuluan
Assalamualikum Wr.Wb

Kali ini saya akan menjelasakan mengenai remote access

A.Pengertin

Pengertian Remote Akses?

Remote Access adalah kemampuan untuk terhubung dengan resource pada suatu jaringan (network) sentral dari suatu lokasi. Ini berarti menggunakan sebuah PC dan modem di suatu tempat, lewat kabel telepon, terhubung ke suatu PC atau server pada network utama suatu perusahaan. 

Adapun oleh Utomo, dkk (2010) Remote access didefinisikan sebagai Remote access merupakan sistem yang bisa digunakan dalam pengendalian suatu manajemen jaringan, dimana administrator dapat dengan mudah mengontrol dan mengawasi setiap komputer client maupun server, berinteraksi dengan user, backup data, atau aktifitas lainnya.

Sedangkan menurut Dhawan (1998) dalam Eliminate Guess Work (2010), Remote Access adalah kemampuan untuk terhubung dengan resource pada suatu network sentral dari suatu lokasi. Ini berarti menggunakan sebuah PC dan modem di satu tempat, lewat kabel telepon, terhubung kesuatu PC atau server pada network utama suatu perusahaan.



Fungsi Remote Akses

Secara umum aplikasi remote access mempunyai beberapa fungsi dalam manajemen jaringan,menurut wahana dan andi (2010), dalam bukunya Cara Jitu Pengelolaan Jaringan Windows denganRemote Desktop dan Administration, ada beberapa kegunaan remote access/Remote Desktop yang lazim diantaranya:



  • Mengendalikan komputer lain dari lokasi yang remote, misalnya untuk mengakses softwaredi komputer yang ada di divisi atau bagian lain di perusahaan oleh pengguna technicalsupport perusahaan diruang kerjanya.
  • Mematikan komputer dari jarak jauh.
  • Menghidupkan ulang komputer/restart dari jarak jauh.
  • Memodifikasi setting registry komputer lain dari jarak jauh.
  • Mengawasi penggunaan komputer lain dari jarak jauh.
  • Membantu pengguna lain memecahkan masalah di PC-nya dari jarak jauh.
  • Mengawasi penggunaan program berjalan / internet dari jarak jauh.
  • Pemeliharaan (maintenance) komputer dari jarak jauh.
  • Sharing resource dari jarak jauh.

OpenSSH

OpenSSH adalah satu set aplikasi komputer yang bisa mendukung sesi komunikasi terenkripsi pada jaringan komputer menggunakan protokol ssh. Awalnya aplikasi ini dikembangkan sebagai aplikasi open source yang menjadi alternatif dari aplikasi serupa yang berbayar. OpenSSH dikembangkan dan merupakan bagian dari proyek OpenBSD.
Dalam perkembangan selanjutnya, OpenSSH tidak hanya memberikan aplikasi remote shell melalui ssh atau remote eksekusi program saja, tapi bisa digunakan untuk tunnelling atau setup vpn antara dua jaringan.
B.Latar Belakang
Agar bisa meremote server

C.Maksud dan Tujuan
Agar dapat mempermudah saat konfigurasi server debian

D.Hasil yang diharapkan
Kita dapat meremote server kita

2.Alat dan Bahan
-laptop
-pc
-internet

3.Jangka Waktu Pelaksanaan
5 menit

4.Proses dan Tahapan
1.Masuk keterminal sebagai super user / root 

2.ketikkan perintah #apt-get install openssh-server
3.instalasi pun selesai sekarang kalian hubungkan laptop dengan wireless server, buka vm proxmox kalian setelah itu buka terminal kemudian ketikkan #ssh user anda@ipserver anda, jika berhasil maka tampilannya akan seperti ini 
 5.Hasil yang didapat
kita dapat meremote server kita

6.Temuan Permasalahan

7.Kesimpulan
kita dapat melakukan remote server jika sudah menginstal ssh-nya

8.Refrensi dan Daftar Pustaka
Buku Konfigurasi Debian Server_Ver_BLC-TELKOM.pdf-debian



Previous
Next Post »